Blog's Stat

Search this blog

October 20, 2011

Evolusi Games Controller . . .


 
Atari 260

Satu tombol dan satu joystick. Memang gak perlu lagi fitur tambahan buat controler game yang muncul di tahun 1977 ini. Tentu saja kecuali fungsi joystick-nya yang kadang tidak hanya digunakan oleh tangan . . .   :D


NES

Nintendo Entertainment System, muncul sekitar tahun 1985 dan merupakan pelopor pertama bagaimana memegang controler dengan kedua tangan dan jari untuk memainkannya.


Nintendo MAX

Alternatif control game dari NES, dengan fitur rotasi 360 derajat tombol stick, dan lebih mantap dipegang dengan sayap tambahan. Fitur sayap inilah yang jadi fitur standar yang harus ada pada generasi selanjutnya.


Sega Master System
Dirancang sebagai saingan NES dari pabrikan game Sega.



Super NES
Perkembangan dari NES, dengan fitur empat tombol dan dua tombol tambahan di sisi atas, serta bentuk yang lebih nyaman.(katanya siee . . :D)


Sega Genesis Mega Drive
Pekembangan kedua dari Sega yang berhasil mengalahkan pasar Super NES. Design ergonomis yang nyaman, D-Pad, serta tombol ekstra dari versi enam tombol menjadi pilihan pertama para "Street Fighter II" mania.


Sega Saturn
Versi baru dari Sega gamers di tahun 1995, yang popularitasnya kalah total dengan munculnya Sony Playstation di pasaran. Walaupun begitu, controler game dan konsolnya masih menjadi favorit untuk 2D fighting games.


Sony Playstation
Playstation controler pertama yang masih sama seperti yang lainnya. Mirip dengan SNES, hanya tambahan tombol di sisi atas dan sayap maximal yang pas digenggaman.


Sony Playstation Dual Analog
Versi baru dengan tombol stick dual analog yang akhirnya memberikan kenyamanan kontrol gerak dan kamera dari type game 3D yang akan mendominasi konsol game mulai sekarang.


Sega Dreamcast
Mungkin hanya dilirik oleh penggemar sejati konsol games Sega, walaupun visualisasi bentuknya sepertinya mempengaruhi para desainer XBox 360.


Sony Playstation 2
Mungkin ada isu dari Sony PS1 kontroler . . .
Yang pasti tidak ada fitur tambahan untuk kontroler ini. Hanya warna hitam dan lebih ramping dan ringan saja.


Microsoft XBox
Original desainnya memang gemuk dan tidak begitu mudah digenggam oleh tangan normal. :D
Fitur dua joystik, tombol arah dan empat tombol kontrol.
Mungkin banyak disukai oleh gamers cewek . . . ???


Nintendo GameCube

Walaupun tampak seperti mainan, kontroler ini dihargai layak oleh para gamers karena kenyamanan dan kompleksitasnya. Versi barunya, GameCube WaveBird, mengenalkan kembali teknologi wireless yang menjadi fitur standar kontroler game nantinya.


XBox 360
Salah satu kontroler game yang disukai para gamers dan fitur 360 derajat dengan multifungsi tombol di sisi atas. Ergonomis dan fungsional, walaupun tombol D-Pad masih dianggap payah oleh kebanyakan gamers.


Sony Playstation 3
Sangat mirip dengan kontroler PS2, kecuali tambahan sensor gerak di dalamnya. Walaupun hal itu masih belum bisa dibuktikan benar-benar sesuai fungsi di konsol game PS 3 sendiri.

Wheel X360
Hanya buat maniak games yang doyan modif mobilnya . . .  :D

. . .   . . .    . .  .   . . . .   . . . .  . . . .   . . . .   . . .. 
. . . . . . .   . . . . .   . . . . .   . . . . .  . . . . .  . . . ..


Yang terakhir paling disuka  gamers cowok . . .   :D


X360 Boo . . .
Sangat nyaman digenggam asalkan milik anda sendiri. . !!!
Fitur sederhana dengan tombol single di kiri kanan. Kotroler game yang sangat disarankan saat rehat dari permainan . . .   :D


No comments: