Blog's Stat

Search this blog

Loading...

October 21, 2011

Obat Cegukan

Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik. Cegukan umumnya akan selesai dengan sendirinya, meskipun ada beberapa pengobatan rumah tangga (home remedy) untuk mempercepat cegukan, dan ada beberapa pengobatan yang dibutuhkan. Istilah medis untuk cegukan adalah singultus.
Cegukan seringkali berkembang dalam situasi tertentu, seperti makan terlalu cepat, minum air dingin sesaat setelah makan makanan panas, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras, kelebihan minuman beralkohol, atau karena keseimbangan elektrolit. Cegukan dapat pula disebabkan karena tekanan saraf frenik oleh struktur anatomi yang lain, atau karena tumor dan penyakit ginjal lainnya, meski hal ini jarang terjadi.


Usut punya usut, ternyata diketahui bahwa obat cegukan yang paling ampuh adalah dengan mengageti si penderita. Atau bisa dibilang si penderita harus dibuat benar-benar kaget. (mungkin sedikit shock juga ga pa - pa . . . :D)
Kalau tidak percaya, mungkin cerita ini sedikit membantu . . . .

. . .   " Suatu hari seorang wanita mendatangi tempat praktek Dokter Umum. Disana, ia ditemui oleh salah seorang Dokter baru yang juga praktek disana. Tetapi setelah sekitar empat menit di dalam ruang praktek, tiba-tiba wanita itu keluar dengan berteriak dan berlari seperti kesetanan.
Seorang Dokter kawakan, yang adalah pemilik tempat praktek itu, menghentikannya dan menanyakan apa masalahnya. Wanita itu pun menceritakan kejadian di ruang praktek dengan Dokter baru yang menanganinya tadi.
Sang Dokter kawakan pun segera bergegas menemui Dokter baru di ruang prakteknya.

"Apa yang baru saja kau lakukan ??  Ibu Diana itu sudah berumur 63 tahun, dia mempunyai empat orang anak yang sudah berkeluarga, dan tujuh cucu dari mereka, dan kau mengatakan kepadanya kalau dia hamil ???"

Si Dokter baru itu hanya tersenyum simpul sambil terus melanjutkan menulis  di clipboardnya.

" Cegukannya sembuh kan . . . " katanya lagi sambil tersenyum puas.    :D

No comments: